Penjelasan Ringkas Untuk Anda Yang Inging Tahu Apa Itu Alat EKG

Pastinya banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya apa itu EKG secara singkat ekg adalah salah satu tes yang digunakan untuk mendeteksi kinerja jantung. EKG atau kepanjangan dari Elektrokardiogram ini adalah alat yang kegunaannya sangat penting dalam bidang kesehatan. Dari pengertian EKG tersebut Anda pasti sudah sedikit mengenal apa itu EKG.

Dengan menggunakan alat ini dokter dapat mempelajari atau mengukur aktibitas yang dihasilkan oleh jantung pasien sehingga apabila terjadi kelainan dokter bisa mendeteksinya dan menanganinya sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada. Fungsi ekg ini tentunya penting karena memudahkan dokter untuk menganalisa kelainan yang ada pada jantung atau kesehatan pasien. Misalnya saja seperti pembesaran jantung, peradangan dan lain sebagainya kelainan-kelainan seperti itu bisa dideteksi dengan alat ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap seputar alat kesehatan rekam jantung atau yang dikenal dengan ekg yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Alat EKG

alat ekg

Secara lebh dalam ekg adalah sebuah mesin yang memiliki nama elektrokardiograf. Alat ini akan mencatat aktivitas otot jantung yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk data pada layar atau kertas. Penggunaan ekg ini sendiri tentunya tidak diberikan pada setiap pasien, melainkan hanya pasien yang didiagnosa mengidap kelainan pada jantungnya.

Dengan alat inilah dokter bisa memastikan apakah diagnosa yang diberikan benar atau tidak. Biamana diperlukan pemeriksaan ekg tentunya atas dasar perintah dari dokter yang bersangkutan. Itulah pengertian dari alat rekam jantung yang dikenal dengan ekg atau elektrokardiogram secara lebih dalam.

Fungsi Alat EKG

Selain yang telah disinggung diatas, ekg juga memiliki fungsi lainnya dalam mendiagnosa jantung. Fungs ekg lainnya yakni seperti mendeteksi posisi jantung, mendeteksi apakah terjadi atau terdapat penebalan otot pada jantung, serta mendeteksi kelainan jantung secara dini.

Berdasarkan fungsi dari EKG yang sudah dipaparkan bisa ditarik kesimpulan bawa tujuan dari pemasangan EKG adalag untuk mendeteiksi kondisi jantung sejak dini.

Prinsip Kerja Alat EKG

Elektrokardiograf bekerja dengan menggunakan prinsip pengukuran perbedaan potensial listrik. Prinsip ini bekerja karena tubuh manusia menghasilkan listrik walaupun dengan jumlah yang terbilang sangat kecil. Apabila ada sumber listrik pastilah ada perbedaan energi potensial atau tegangan listrik. Tegangan listrik itulah yang dapat menggambarkan keadaan denyut jantung manusia.

Kapan Diperlukan Pemeriksaan EKG

hasil pemeriksaan ekg

Jika dirasa kita memang perlu untuk memeriksakan kondisi jantung kita, tentunya kita harus memperhatikan hal-hal yang dianjurkan dokter. Biasanya dokter menyarankan seseorang melakukan tes ekg bilamana ia memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit atau kelainan pad jantung, mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok, atau memiliki gangguan kesehatan seperti kolesterol, diabetes, atau tekanan darah tinggi.

Prosedur Pemeriksaan Dan Pemasangan Alat EKG

Cara pemasangan ekg tentunya harus sesuai dengan prosedur yang ada demi menjamin keamanan. Pasien hendaknya menggunakan pakaian yang terpisah karena pasien akan ditempelkan elektroda elektrokardiograf pada beberapa bagian tubuh seperti dada, pergelangann tangan dan kaki. Apabila pada tempat pemasangan eletroda terdapat banyak bulu, maka pencukuran perlu dilakukan.

Posisi pemasangan EKG juga perlu diperhatikan agar alat bisa berfungsi dengan baik untuk membaca jantung pasien. Pemasangan elektroda yang perlu diperhatikan yakni elektroda berwarna merah dipasang pada pergelangan tangan kanan, dan warna kuning pada pergelangan tangan kiri, warna hijau pada kak kiri dan warna hitam pada kaki kanan pasien.

Sensor elektroda yang diletakan pada dada, pergelangan kaki serta tangan biasanya ditempelkan dengan gel lengket atau cangkir hisap. Setelah alat EKG merekan jantung secara sempurna, elektroda yang melekat dilepas dan area pada tubuh tempat pemasangan elektroda dibershikan dengan menggunakan alkohol.

Bebrapa Jenis Tes EKG

Tes EKG ada beberapa jenis, ketiga tes tersebut tentunya dilakukan dengan cara yang berbeda. Ketiga jenis tes EKG itu yakni Resting ECG, Ambulatory ECG, dan Sters Jantung.

1. Resting ECG (EKG Istirahat)

Dalam pemeriksaan pasien harus dalam posisi berbaring. Selama proses berlangsung pasien tidak diperbolehkan untuk bergerak, karena pergerakan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.

2. Ambulatory ECG

Pemeriksaan ini dilakukan dengan durasi kurang lebih 24 jam. Selama prosesnya pasien diperbolehkan bergerak secara normal. Tes EKG ini digunkanan pada pasien yang gejala gangguan jantungnya tidak nampak pada saat tes EKG istirahat. Tes ini biasanya juga digunakan pada pasein yang baru sembuh dari serangan jantung.

3. Stres Jantung

jenis pemeriksaan stress ekg

Pemeriksaaan ini dilakukan untuk merekam kondisi jantung pasien selama ia melakukan aktivitas, Alat EKG akan ditempelkan pada tubuh pasien sementara pasien harus berjalan diatas treadmill atau menggunakan alat olahraga bersepeda.

Setelah melakukan serangkaian tes, dokter akan melihat cetakan dari hasil tes. Gambar dari EKG normal akan menunjukan ritme yang khas dari jantung. Komponen dasar yang wajib dimiliki pada rekaman EKG normal yakni gelombang P, segmen PR, gelombang kompleks QRS, gelombang ST dan T.

Apabila dalam cetakan hasil tes EKG ada komponen salah satu komponen yang tidak ada pada kelima komponen diatas hal itu menunjukan adanya kelainan pada jantung.

Apabila gelombang P tidak muncul, pasien diduga mengalami depolarisasi atrium. Dan apabila komponen lainnya yang tidak ada maka menunjukan terjadinya gejala lainnya pada jantung.

Kisaran Biaya Pemeriksaan EKG

Pemeriksaan EKG dapat dilakukan di tempat pelayanan kesehatan seperti laboratorium dan rumah sakit, Biaya tes EKG ini juga bermacam, macam mulai dari Rp 55.000 hingga Rp.100.000. Harga itu tergantung tempat Anda melakukan tes, mungkin ada beberapa tempat pelayanan kesehatan yang meminta biaya tambahan seperti biaya konsultasi dokter dan lain sebagainya,

Biaya yang dikeluarkan untuk pemeriksaan rekam jantung atau ekg ini terlbilang murah karena pemeriksaan jantung merupakan pemeriksaan yang tidak invasif, selain itu juga karena waktu yang diperlukan untuk tes terbilang sebentar yakni 10-30 menit saja.

Setelah mengetahui secara lengkap mengenai alat rekam jantung atau disebut ekg ini tentunya kita akan lebih paham ketika bertemu dengan alat ini. Terlebih lagi untuk Anda yang menempuh pendidikan dokter alat ini tentunya adalah sesuatu yang tidak asing lagi, dengan mempelajari terlebih dahulu apa itu ekg secara lengkap tentu akan memberikan nilai tambah untuk Anda.

Melihat dari fungsinya, alat ini memang berguna dalam dunia kesehatan dimana dokter dipermudah dalam mendeteksi kelainan yang ada pada kesehatan pasien terutama kelainan yang ada pada jantung pasien. Tentunya dengan adanya alat ini resiko-resiko juga dapat diminimalisir seperti kesalahan dalam menganalisa dan sebagainya.

Walaupun penting namun alat ini tidak terlalu populer seperti yang Anda bayangkan, karena tidak setiap pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan ekg. Melainkan hanya mereka yang memiliki indikasi tertentu yang disarakan untuk dapat menjalankan tes rekam jantung ini utnuk mengetahui kondisi yang ada pada jantungnya. Dengan demikian penyakit dapat di diagnosa dengan baik dan tentunya dapat ditangani dengan baik pula sehingga membuat resiko-resiko buruk lebih minim.


 

Add Comment